Powered By Blogger

Senin, 24 Januari 2011

Tipologi Mahasiswa

Dalam dunia akademik, mahasiswa memiliki beberapa tipe. Ada tipe kutu buku, tipe salon, tipe aktivis dan tipe ideal.

Yang dimaksud tipe kutu buku adalah mahasiswa yang memiliki tipe suka membaca buku, mencari referensi buku, meriview buku, tetapi aktivitas di luar itu kurang. Sehingga karakter mahasiswa tersebut cenderung tertutup dan lebih banyak berteman dengan buku.
Mahasiswa tipe salon, yakni mahasiswa yang memiliki tipe suka merias diri, suka bersolek, dan penampilan merupakan hal yang utama untuk bisa memancarkan keindahan dirinya. Dengan semakin bersolek, kepercayaan diri mahasiswa juga semakin tinggi.
Mahasiswa tipe aktivis, adalah mahasiswa yang memiliki karakter suka melakukan aktivitas kemahasiswaan. Misalnya selalu ikut organisasi, selalu menjadi panitia kegiatan, namun terkadang memiliki kelemahan, diantaranya jadwal perkuliahan sedikit kacau, karena repot dalam membagi waktu antara kegiatan perkuliahan dengan kegiatan organisasi.
Yang paling bagus adalah tipe ideal, tipe ini adalah tipe mahasiswa yang mampu membalance dalam aktifitasnya. Baik aktifitas membaca buku, menjaga penampilan diri, dan juga aktif dalam organisasi dengan tidak meninggalkan pentingnya menyelesaikan perkuliahan dengan baik dan tepat waktu.

1 komentar: